Fandom

Wikia One Piece

Doriki

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Doriki
Doriki Infobox.png
Statistik
Kanji: 道力
Romaji: Dōriki
Nama: Doriki
Debut: Chapter 379 , Episode 266

Doriki (道 力 Dōriki?) yang berarti "Kekuatan") Pada dasarnya adalah Level kekuatan fisik seseorang, dan dengan demikian memiliki proporsi dengan keterampilan Rokushiki. Dalam Viz Manga, disebut Tingkat Daya. Hal ini dapat diukur oleh Fukuro dengan "te-awase" (手合 わ?), yang berarti "Pertandingan", ia melakukannya dengan anggota CP9 lainnya setelah reuni pertama mereka setelah lima tahun. Seorang tentara bersenjata umumnya rata-rata memiliki sekitar 10 Doriki, dan menurut Spandam, Level Doriki 500 sudah cukup untuk disebut sebagai manusia super. Istilah Doriki dan Te-awase pertama kali diperkenalkan dalam Chapter 379 dan Episode 266.

Menurut Jabra, permainan te awase hanya untuk mengukur kebugaran tubuh seseorang dan tidak memperhitungkan kekuatan yang diberikan oleh Buah Iblis, meskipun begitu beberapa Buah Iblis (terutama jenis Zoan) memiliki efek samping secara langsung meningkatkan kekuatan fisik seseorang. Tidak ada lagi detail yang diberikan tentang bagaimana Doriki bisa dikacaukan.

Tampaknya Rob Lucci, Kaku dan Jabra adalah tiga anggota CP9 (kebetulan, mereka adalah ketiga manusia yang memakan jenis Zoan di CP9), meskipun kekuatan Buah Iblis tidak diperhitungkan, dimana Doriki mereka semua drastis lebih tinggi dari yang lainnya. Hal ini juga tampaknya bahwa sejak awal, Jabra memiliki Doriki tertinggi dari semua CP9, ia juga berkomentar bahwa dia tidak pernah mendengar jumlah doriki setinggi 4.000 sebelum Rob Lucci. Doriki Nero tidak pernah diberikan, tetapi Lucci menyatakan dia tidak layak menjadi anggota CP9, dengan hanya menguasai empat teknik Rokushiki.

Daftar Pengguna Doriki

Trivia

  • Doriki dapat dibandingkan dengan konsep tingkat daya di Dragon Ball, yang dapat diukur dengan scouter.

Situs Navigasi

Also on Fandom

Random Wiki