Fandom

Wikia One Piece

East Blue

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Artikel ini tidak memiliki atau sedikit sumber referensi yang dibutuhkan. Harap tambahkan referensi yang tepat didalamnya.
East Blue
East Blue Infobox.png
Statistik
Kanji: 東の海 (イースト・ブルー)
Romaji: Higashi no Umi (Īsuto Burū)
Nama: East Blue
Arti: Lautan bagian Timur
Pedoman: Kompas Biasa
Untuk kisah yang mengambil tempat di lautan ini, lihat East Blue Saga.

East Blue adalah lautan di dalam Dunia One Piece dan latar pertama dari enam arc pertama dari manga dan anime serta yang hanya muncul di anime, yaitu Arc Warship Island. East Blue, seperti kembarannya yang lain, hampir seluruhnya terdiri dari laut, dengan beberapa pulau yang tersebar dan perbatasan yang disebut Red Line.

East Blue secara umum dikenal sebagai lautan terlemah di antara yang lain. Bajak laut yang dianggap besar dan mengancam di lautan ini dianggap sebagai bajak laut tingkat rendah dibandingkan dengan bajak laut dari lautan lain terutama di Grand Line. Status lemah bagi laut ini diperlihatkan oleh Dracule Mihawk ketika ia seorang diri menghancurkan armada kapal Don Krieg (kecuali kapal yang cukup beruntung untuk melarikan diri, yang kemudian diburu oleh Mihawk), yang dianggap sebagai armada terkuat di East Blue, ketika mereka mencoba untuk masuk ke Grand Line. Ironisnya, meskipun terkenal lemah, East Blue adalah tempat kelahiran bagi banyak bajak laut kuat sepanjang masa, contohnya Raja Bajak Laut Gol D. Roger, dan banyak orang-orang kuat dan terkenal di dunia, seperti Monkey D. Dragon, Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro.

Riwayat

Loguetown, kota di East Blue yang terletak paling dekat dengan Grand Line, adalah tempat kelahiran almarhum Raja Bajak Laut, Gol D. Roger. Dua puluh dua tahun yang lalu, kota ini juga menjadi tempat di mana dia dieksekusi, dan kata-kata terakhir yang diucapkan Roger sebelum kematiannya menjadi awal dari Zaman Bajak Laut.

Delapan tahun sebelum dimulai, Arlong dan krunya tiba dari Grand Line untuk mulai menaklukkan empat lautan, dimulai dari East Blue yang mereka anggap paling lemah. Rencana mereka gagal ketika mereka dikalahkan oleh Monkey D. Luffy, yang kemudian akan mendapat reputasi sebagai bajak laut terkuat dari East Blue.

Loguetown menjadi tempat pemberhentian bagi para bajak laut yang akan menuju Grand Line, dengan sebuah Mercusuar yang menerangi rute menuju Reverse Mountain, pintu masuk ke Grand Line. Hal ini berakhir ketika Smoker ditempatkan untuk bertugas di kota ini, meski dengan cepat berubah kembali ketika Smoker meninggalkan kota ini dalam usahanya untuk menangkap Luffy si Topi Jerami.

Tempat-Tempat di East Blue

Karakter dari East Blue

Trivia

  • East Blue umumnya dianggap paling lemah di antara lautan yang lain, karena rata-rata nilai buronan di East Blue hanya Berry.png3,000,000. Setiap nilai buronan yang mencapai lebih dari Berry.png10,000,000 dianggap mengesankan.
  • Bajak laut yang dikenal paling berbahaya (sampai Luffy datang) adalah manusia ikan Arlong dengan nilai buronan sebesar Berry.png20,000,000 (namun, nilai buronan ini telah dikurangi karena suap).
  • Armada kapal paling besar di East Blue adalah Laksamana Bajak Laut Don Krieg.
  • Pendekar pedang terbaik dari East Blue adalah Roronoa Zoro.
  • Nama Jepang asli dari Loguetown didasarkan pada 'logue' dari kata "prologue" dan "epilogue", bagian sebelum dan sesudah dari sebuah cerita. Jadi secara harfiah, Loguetown berarti "awal dan akhir".
  • East Blue disebutkan dalam episode tambahan untuk One Piece Film: Strong World. Warga sipil yang dimaksud adalah penduduk lama East Blue, sekarang menjadi penduduk dari Little East Blue.
  • Seorang bajak laut terkenal dari era Roger, Shiki si Singa Emas, mempunyai dendam terhadap lautan ini. Dia memandang lautan ini paling lemah di antara Empat Lautan; dan orang yang berhasil mengalahkannya, Roger, berasal dari lautan ini, dan juga menemui ajalnya di sini, mencegah Shiki untuk bisa membunuh Roger dengan tangannya sendiri. Shiki dikalahkan kedua kalinya oleh Luffy, yang juga berasal dari East Blue.

Situs Navigasi

Also on Fandom

Random Wiki