Fandom

Wikia One Piece

Funkfreed

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Funkfreed
Funkfreed
Statistik
Kanji: ファンクフリード
Romaji: Fankufurido
Julukan: Pedang Gajah (象剣 Zouken?)
Afiliasi: CP9
Status: Pedang Spandam; Hewan Peliharaan
Lahir: 28 April (hari gajah)
Pengisi Suara: Kohei Fukuhara
Buah Iblis
Nama: Zou Zou no Mi
Arti: Gajah
Tipe: Zoan

Funkfreed adalah pedang milik Spandam yang memiliki kekuatan Buah Iblis "Zou Zou no Mi" dan dapat berubah menjadi gajah. Funkfreed berfungsi sebagai perlindungan pribadi bagi Spandam untuk menutupi kelemahan fisiknya.

Penampilan

Dalam bentuk pedang, Funkfreed seperti pedang bergaya barat yang melengkung dan menakutkan. Spandam memegangnya dengan satu tangan dan dibawa tersampir di bahunya dengan gagang atas bahu kanannya. Ada dua taring pada gagang, yang berbentuk seperti lingkaran tiap-tiap sisi, dengan set pisau utama diantara mereka dan ekor pendek pada gagang. Dalam bentuk gajah, ia tampak jinak dan ramah berbeda dengan pemiliknya. Funkfreed memakai perlengkapan pakaian seperti yang digunakan gajah india untuk keperluan upacara. Desain tutup kepala dari pakaian ini menyerupai topeng Spandam. Dalam manga (dan anime Episode Merry), Funkfreed awalnya gajah abu-abu, dalam anime kemudian menjadi warna putih. Ketika dalam bentuk hibrida, bilahnya meluas dengan cara membesar perlahan-lahan seperti ular, dengan perbedaan yang signifikan antara pedang dan bagian gajah. Dalam bentuk ini, setengah bawahnya tetap di gagang sementara belalainya menjadi mata pedang.

Karakteristik

Dia tampaknya menjadi pendamping setia bagi Spandam, mematuhi perintahnya dan selalu disisinya setiap saat. Namun dia kemudian berubah jadi pengecut setelah Franky mengancamnya.

Kemampuan

Buah Iblis

Funkfreed berasal dari pedang yang menyerap kekuatan Buah Iblis "Zou Zou no Mi", tipe Zoan yang memberinya kekuatan menjadi hewan gajah. Buah Zou Zou telah memberinya kehidupan serta pikirannya sendiri. Sebagai pedang gajah, Funkfreed mengambil keuntungan dari besarnya ukuran fisik gajah yang memberikan power yang besar. Namun mengingat keterbatasan skill berpedang Spandam, tak banyak yang bisa dikatakan dari kemampuan pedang gajah.

Riwayat

Water 7

Funkfreed pertama kali terlihat bersama Spandam di Enies Lobby.

Enies Lobby

Di sepanjang cerita Enies Lobby, Funkfreed digunakan Spandam untuk menahan Nico Robin, dan juga saat menyerangnya. Namun Funkfreed kemudian dihentikan dan dikalahkan oleh Franky, ketika cyborg itu mengambil pedang gajah dan mengayunkannya untuk memukul Spandam.

Lain-Lain

Pertarungan Utama

  • Funkfreed dan Spandam vs. Nico Robin
  • Funkfreed dan Spandam vs. Franky

Perbedaan di Manga dan Anime

  • Dalam anime, Funkfreed berwarna putih. Namun di sampul volume 42, terlihat bentuk alami gajah berwarna abu-abu. Perbedaan warna antara manga dan anime, terutama disebabkan fakta bahwa warna gajah baru terlihat kemudian setelah animenya dibuat. Ini juga disebabkan fakta bahwa bentuk gajah Funkfreed sangat menyerupai stereotip gajah putih yang umumnya sangat dihormati di India.

Trivia

  • Tuan Funkfreed yaitu Spandam, tampaknya telah memiliki gajah di masa kecilnya. Apakah ini Funkfreed atau yang lain belum dapat dikonfirmasi.
  • Funkfreed menjadi senjata ke-2 dalam cerita yang memilki kekuatan Buah Iblis setelah anjing-bazooka Mr. 4, Lasso.

Situs Navigasi

Also on Fandom

Random Wiki