Wikia

Wikia One Piece

Haki

1.094pages on
this wiki
Bicara0
Luffy Muncul Dari Barrel
Banzai! Ini adalah Artikel Menarik ke 172.
"Haki" telah ditampilkan, berarti itu dipilih sebagai sebuah artikel yang menarik.
Haki
Haki Infobox
Statistik
Kanji: 覇気
Romaji:
Arti: Ambisi
Debut: Bab 1; Episode 4[1]
Pengguna: Bermacam-macam
Fokus Gaya Bertarung: Kemauan manifestasi

Haki (覇気 yang berarti "Ambisi") adalah sebuah kekuatan misterius yang ditemukan di setiap makhluk hidup di dunia One Piece. Hal ini tidak jauh berbeda dari indera normal. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari atau gagal untuk membangkitkannya. Secara umum, ada dua jenis Haki bagi semua orang, diberikan dengan pelatihan yang tepat. Namun, ada jenis haki yang ketiga dan hanya kelompok tertentu "yang terpilih" yang bisa memiliki haki ini. Dalam istilah sederhana, Haki adalah kemampuan untuk merasakan energi spiritual dan mengalahkan musuh.

IkhtisarEdit

Haki adalah kekuatan yang terpendam dalam diri setiap manusia, "naluri", "semangat juang", dan "kekuatan untuk memaksa". Itu semua adalah sensasi yang sudah pasti manusia miliki. Tapi, hampir sebagian besar manusia tidak menyadari kekuatan itu. Atau mungkin mereka menghabiskan hidupnya untuk menarik keluar kekuatan itu, tapi tetap tak bisa. Secara garis besar, Haki terbagi menjadi dua jenis (Kenbunshoku dan Busoshoku).
— Silvers Rayleigh menjelaskan Haki kepada Luffy pada awal latihannya.

Haki, yang tidak disebutkan namanya pada waktu itu, pertama kali terlihat saat Shanks menggunakannya Kepada Sea King untuk menyelamatkan Luffy ketika ia masih kecil. Istilah "Haki" pertama kali diciptakan dan banyak digunakan ketika Blackbeard sedang mengomentari Bounty Luffy di Pulau Jaya dan mengisyaratkan selama kunjungan Shanks ke Kapal Whitebeard. Konsep yang mendasari Haki diperkenalkan selama di Kepulauan Sabaody dan Amazon Lily .Konsep tersebut jelas dijelaskan oleh Rayleigh kepada Luffy pada awal pelatihannya di Pulau Rusukaina.

Haki tertidur di dalam setiap orang yang hidup, tapi jarang bagi kebanyakan orang yang pernah membangkitkan kemampuan itu tapi secara mendadak bisa membangkitkan,seperti Luffy di Markas Bajak Laut Flying Fish Rider,Impel Down,Marineford,Teriakan ekstrim Coby di pertempuran Marineford atau Aisa dan Otohime yang tampaknya telah dikembangkan secara alami dari sejak kecil/kelahirannya.

Karena kenyataan bahwa Haki berasal dari jiwa sesorang dan bukan tubuh mereka, bahkan jika jiwa pengguna dipindahkan ke tubuh lain, mereka masih mampu menggunakan Haki seolah-olah mereka berada di tubuh asli mereka.Sebagai contoh Sanji yang jiwanya masuk ke tubuh Nami saat di Punk Hazard

Jenis HakiEdit

Haki dipisahkan menjadi tiga kategori/Warna:

  • Haki Kenbunshoku, yang memberikan pengguna indra keenam tentang dunia di sekitar mereka dan kemampuan precognitive terbatas.
  • Haki Busoshoku, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan semangat mereka sebagai perisai untuk mempertahankan diri dari serangan atau untuk membuat serangan mereka sendiri lebih ampuh.
  • Haki Haoshoku , jenis Haki yang langka, hanya satu dari jutaan yang dapat menggunakan jenis ini dan memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengintimidasi orang lain.

Kebanyakan orang yang dapat menggunakan Haki mereka cenderung memiliki tipe lebih baik dan sebagai fokus untuk menghasilkan tipe itu. Namun, seseorang dapat meningkatkan kemampuan mereka dengan semua jenis Haki, itu membutuhkan lebih banyak kerja keras.

Pengguna yang DiketahuiEdit

Pengguna non-kanonEdit

Perbedaan Anime dan MangaEdit

Isu Terjemahan dan DubEdit

TriviaEdit

ReferensiEdit

  1. Manga dan Anime One Piece — Vol. 1 Bab 1 (hal. 42) dan Episode 4, Tuhan Pantai melarikan diri dari Shanks.

Pranala luarEdit

Navigasi SitusEdit

Around Wikia's network

Random Wiki