Fandom

Wikia One Piece

Haki/Kenbunshoku Haki

< Haki

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Kenbunshoku Haki
Kenbunshoku Haki Infobox.gif
Statistik
Kanji: 見聞色の覇気
Romaji: Kenbun-shoku no Haki
English: Warna Observasi Haki (Viz);
Observasi Haki (FUNimation)
Arti: Haki Warna Observasi
Debut: Bab 246; Episode 160
Pengguna: Bermacam-macam
Fokus Gaya Bertarung: Deteksi kehadiran, precognition Terbatas[1]

Haki Kenbunshoku (yang berarti "Warna Pengamatan"), juga dikenal sebagai Mantra di Skypiea, adalah bentuk Haki yang memungkinkan pengguna untuk merasakan kehadiran orang lain, bahkan jika mereka tersembunyi dari pandangan atau terlalu jauh untuk dilihat secara alami. Bila menggunakan jenis Haki ini, seseorang dapat memprediksi gerakan lawan lama sebelum mereka mengeluarkannya, sehingga membuat serangan lebih mudah untuk dihindari. Prediksi ini muncul kepada pengguna sebagai sebuah gambar atau firasat tentang apa yang akan lawan lakukan dalam mata pikiran pengguna. Pengguna dapat memprediksikan gerakan musuh.

Latar Belakang

Pertama kali diperkenalkan dengan nama Mantra ketika Satori menggunakannya untuk melawan Sanji, Luffy, dan Usopp saat mereka pergi melalui ujian siksaan bola. Aisa merupakan satu-satunya Shandian yang diketahui memiliki kemampuan ini.Ia menggunakannya ketika sedang membantu Luffy mencari Enel.Ini dapat bervariasi sesuai kekuatan pengguna,seperti Enel yang menjadi terkuat dengan buah iblisnya, Goro Goro no Mi, Enel bisa mengambil gelombang elektromagnetik, sehingga dia bisa mendengar semua percakapan di sekitarnya. Ini dapat memperluas jarak Mantranya hingga ke semua tempat di Skypiea. Sebagai perbandingan, kebanyakan pendeta lain hanya bisa melacak orang terdekatnya.

Penggunaan

Pertama kali terlihat menggunakan Haki pada saat selama pertempuran Luffy di Amazon Lily dengan Boa bersaudara. Kemudian, Rayleigh menjelaskan Haki ke Luffy dan menegaskan bahwa "Mantra" adalah nama kemampuan untuk di Skypea.

Meskipun teknik ini memungkinkan pengguna untuk memprediksi serangan,dan dapat dielakkan dengan berbagai cara. Itu tidak bisa memprediksi serangan acak, misalnya, Luffy berhasil memotong Mantra Enel dengan memantulkan tinjunya dari dinding terdekat, untuk mencegah dirinya sendiri dan dengan demikian Enel mengetahui di mana mereka akan mendarat.Mengikat dengan ketidakmampuan untuk mendeteksi serangan acak, Haki Kenbunshoku tampaknya terkait dengan kesadaran sendiri, target diri dan lingkungannya.God Enel gagal untuk membedakan kehadiran Luffy didalam ular raksasa (Nola), hanya mendeteksi setelah dia melarikan diri. Ini juga tidak membuat para pengguna lebih cepat dari biasanya, sehingga pengguna untuk menghindari tergantung pada kecepatan mereka. God Enel tidak dapat menghindari gerakan Luffy karena bergerak terlalu cepat. Demikian juga, Gear Dua Luffy mampu melebihi Boa Sandersonia, meskipun memeiliki kemampuan untuk membaca gerakannya.Haki ini membuutuhkan konsentrasi tinggi jika tidak maka akan kehilangan kontrol,seperti Satori kehilangan kontrol Mantranya ketika Luffy tiba-tiba membawa bola peledak kepadanya, dan tidak mengetahui bahwa Luffy bersembunyi dibalik badannya dari ledakan tersebut, dan Gedatsu kalah oleh Chopper karena ia kehilangan konsentrasi dan Mantranya tersendat.

Jenis Haki ini juga dapat memungkinkan pengguna untuk merasakan emosi dan sifat orang lain. Misalnya, Otohime menggunakan Haki ini untuk merasakan penderitaan dan emosi di hati seorang Manusia Ikan pencuri,serta mendengar jeritan datang dari hati Fisher Tiger. Contoh lain adalah bahwa Aisa mampu merasakan alam dengan Haki ini.selain itu juga memungkinkan bagi pengguna Haki ini untuk merasakan kekuatan orang lain.Hal ini terlihat ketika Rayleigh menggunakan Haki ini untuk merasakan bahwa ada 500 makhluk di Pulau Rusukaina yang lebih kuat dari Luffy pada waktu itu.

Kekurangan

Pengguna Kenbunshoku Haki Diketahui

Sejauh ini, hanya mereka yang telah diketahui yang bisa menggunakan jenis Haki ini.

Isu Terjemahan dan Dub

Trivia

Referensi

  1. One Piece Manga — Vol. 53 Chapter 518, Boa Sandersonia mampu memberitahu bagaimana Luffy hendak menyerangnya.

Situs Navigasi

Also on Fandom

Random Wiki