Fandom

Wikia One Piece

Hatchan

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Hatchan
Hatchan.png
Statistik
Kanji: はっちゃん
Romaji: Hatchan
Alias: Hachi
Afiliasi: Takoyaki 8; Pulau Gyojin; Bajak Laut Arlong (mantan); Bajak Laut Matahari (mantan)
Status: Bajak Laut
Jabatan: Penjual Takoyaki; Pendekar Pedang
Lahir: 8 Agustus
Pengisi Suara: Toshiyuki Morikawa

Hatchan, sering dipanggil Hachi adalah manusia ikan spesies gurita, salah satu kru utama Bajak Laut Arlong. Ia termasuk salah satu antagonis selama cerita Arlong. Sebelumnya ia anggota Bajak Laut Matahari pimpinan kapten Fisher Tiger dan Jinbe.

Setelah Arlong dan krunya ditangkap Angkatan Laut, Hatchan menjadi satu-satunya kru yang berhasil melarikan diri. Melalui serangkaian petualangan, Hatchan berakhir dengan membuka restoran takoyaki dan bertemu kembali dengan Kru Topi Jerami. Ia kemudian menjadi protagonis yang turut membantu kru topi jerami selama petualangan di Kepulauan Sabaody dan juga di Pulau Gyojin dua tahun kemudian.

Penampilan

Hatchan manusia ikan spesies gurita dengan delapan tentakel (enam lengan dan dua kaki). Wajahnya mirip gurita seperti moncong panjang, berkulit merah muda dan berambut abu-abu ditata meruncing ke atas dengan lima paku (saat bertemu kru topi jerami kembali rambutnya bertambah dua baris). Lengannya cukup berotot dan memiliki tombol-tombol hisap pada enam lengan yang digunakan untuk memanjat dinding. Hatchan memiliki tato matahari di dahinya yang menyatakan bahwa ia adalah bagian dari Bajak Laut Matahari. Berbeda dengan manusia ikan umumnya, Hatchan memiliki tangan dan kaki manusia, tidak memiliki selaput.

Ia biasanya memakai baju yang didesain khusus untuk manusia ikan jenis gurita, dengan enam lengan. Saat pertama kali tiba di desa Cocoyashi, ia memakai pakaian kotak-kotan berlian. Selama cerita Arlong, ia memakai pakaian bergaris. Selama cerita Sabaody, ia memakai jaket yang menyembunyikan keempat lengan lainnya dan perban di kepala untuk menutupi tato matahari. Saat Kru Topi Jerami tiba di Pulau Gyojin, Hatchan memakai kemeja dengan merek "Criminal".

Kepribadian

Hatchan tidak cukup cerdas dan mudah untuk ditipu. Selama cerita Arlong, ia gagal mengenali Zoro sebagai pemburu bajak laut dengan membantunya menyeberang ke desa Cocoyashi. Kemudian selama pertarungan mereka, ia banyak melakukan kesalahan yang berujung pada kekalahannya. Namun saat bertemu lagi dengan Kru Topi Jerami, ia terlihat banyak berubah. Ia sangat setia kawan karena memperingatkan Keimi agar menyelamatkan diri. Ia juga memohon kepada Kru Topi Jerami agar menyelamatkan Keimi dan Pappug. Ia secara signifikan menjadi lebih cerdas dan sangat berpengetahuan tentang kepulauan Sabaody dan para Tenryubito. Hatchan cukup bijaksana memperingatkan Luffy agar tidak terprovokasi oleh kekejaman Tenryubito.

Ia sangat menyesal dan merasa bersalah atas apa yang telah dilakukan Bajak Laut Arlong kepada Nami. Sejak itu, ia mencoba untuk menebus semua dosa-dosa yang telah ia lakukan di masa lalu. Hatchan juga agak rendah hati dibandingkan dengan manusia ikan lainnya. Ia tampaknya menghormati Arlong, sampai turut mendukung ambisinya karena ia rela bergabung menjadi kru Arlong, sekelompok manusia ikan yang membenci manusia, meskipun ia sebetulnya berteman dengan Rayleigh dan Shakky. Persahabatan Hatchan dengan manusia membuktikan bahwa ia tidak benar-benar mendukung cita-cita Arlong. Nami sendiri kemudian menyatakan bahwa Hatchan orang yang lebih baik dibandingkan kru Bajak Laut Arlong dan menganggap bahwa mereka harus menyelamatkan mereka.

Mimpi masa kecil Hatchan untuk dapat diterima komunitas manusia dan ia mengakui bahwa tirani Arlong sudah terlalu jauh. Berbeda dengan Kuroobi dan Chew, Hatchan sendiri tidak rusak oleh cita-cita Arlong. Setelah berteman dengan Luffy, Hatchan dengan tegas menyatakan bahwa ia menentang cita-cita Arlong yang membuat Hody Jones sangat kecewa.

Seperti banyak karakter lainnya, Hatchan memiliki kebiasaan unik saat berbicara dengan mengucapkan kata "Nyuu".

Hubungan

Bajak Laut Matahari dan Arlong

Hatchan berteman baik dengan Chew dan Kuurobi, telah mengenal mereka semenjak kecil serta berbagi mimpi yang sama untuk membuka stand takoyaki. Ia juga berteman dengan seorang mantan budak bernama Koala. Hatchan dengan ramah mengingatkan bahwa dia tidak lagi seorang budak yang harus membersihkan lantai seperti seorang pembantu. Seperti anggota kru matahari lainnya, ia juga turut menangis saat kematian Fisher Tiger.

Hatchan juga sangat setia kepada Arlong karena telah menjadi pasangan krunya bahkan sebelum Fisher Tiger membentuk Bajak Laut Matahari. Setelah kru matahari terpecah menjadi fraksi yang lebih kecil, ia pergi mengikuti Arlong dan bergabung dengannya.

Ia sebelumnya berteman dengan Makro, Gyaro dan Tansui dari Bajak Laut Makro. Mereka telah berteman semasa masih menjadi kru matahari. Hatchan kemudian menghancurkan kapal mereka karena menganggap Makro telah menjual peta palsu.

Jinbe menunjukkan keprihatinan atas keselamatan Hatchan, meskipun mantan Shichibukai sangat merasa bersalah karena telah melepas kru arlong ke East Blue.

Keimi dan Pappug

Setelah melarikan diri dari kapal Angkatan Laut, Hatchan berteman dengan Keimi dan Pappug lalu bersama-sama menjalankan usaha penjualan takoyaki. Ia sangat dekat dengan mereka dan sangat memperhatikan keselamatan mereka. Hatchan menyuruh Keimi untuk menyelamatkan diri saat ia ditangkap kru makro dan Penunggang Ikan Terbang. Ia juga menunjukkan kekhawatiran yang besar saat Keimi diculik para pedagang budak.

Silvers Rayleigh dan Shakky

Ia pernah membantu Silvers Rayleigh dari kapal yang karam saat masih anak-anak. Sejak itu, ia berteman baik dengan Rayleigh, dan juga Shakky. Rayleigh turut mengetahui peristiwa Hatchan bergabung dengan Fisher Tiger. Sekitar dua puluh dua tahun kemudian, Hatchan bertemu lagi dengan Rayleigh dan Shakky saat membantu kru topi jerami di Sabaody.

Bajak Laut Topi Jerami

Awalnya mereka saling bermusuhan saat kru topi jerami bertarung melawan kru arlong demi Nami. Selama pertarungan tersebut Hatchan berhasil dikalahkan Zoro. Namun mereka kemudian menjadi teman setelah kru topi jerami membebaskannya dari kelompok penunggang ikan terbang setelah bertemu lagi. Selama di kepulauan Sabaody, Hatchan banyak membantu kru topi jerami untuk menemukan mekanik pelapis kapal. Hatchan juga turut membantu melindungi kapal Thousand Sunny selama pemisahan kru topi jerami.

Bajak Laut Shin Gyojin dan Bajak Laut Terbang

Ia menjadi musuh Bajak Laut Shin Gyojin karena berpihak kepada manusia. Hody Jones dan krunya kehilangan hormat kepada Hatchan karena terang-terangan menentang cita-cita Arlong. Vander Decken IX kemudian menggunakannya untuk mendemonstrasikan kekuatan Mato Mato no Mi.

Kemampuan

Hatchan adalah seorang pendekar pedang yang cukup tangguh. Ia merupakan kru utama dalam kelompok Bajak Laut Arlong. Sebagai manusia ikan, ia lebih kuat sepuluh kali dari manusia biasa dan dua kali lipatnya jika berada di air. Karena memiliki enam lengan, ia dapat memegang enam pedang sekaligus yang memberinya keuntungan dari segi jumlah dan kekuatan. Kekuatannya memungkinkan ia memegang pedang dengan masing-masing seberat 300 kg dan tampak tidak bermasalah menggunakannnya. Hatchan juga lebih kuat dibanding manusia ikan lainnya. Ia seorang diri mengalahkan ketiga anggota kru Makro. Ia juga mengetahui tentang Haki; seperti saat mengomentari kemampuan Haki Silvers Rayleigh.

Ia dapat menyemburkan aliran tinta dari mulutnya seperti gurita. Cara ini sangat berguna untuk membutakan penglihtan musuhnya dan menyerang mereka saat tidak dapat melihat. Ia juga menggunakan tinta untuk menutupi dirinya setelah usaha yang gagal untuk menyembunyikan identitasnya dari kru topi jerami.

Riwayat

Masa Lalu

Hatchan berteman dengan Chew dan Kuroobi sejak kecil dan mereka bermimpi membuka stand takoyaki. Hatchan ikut bersama Arlong, Chew dan Kuroobi saat mereka melihat taman hiburan sabaody dari kejauhan.

Saat kecil, Hatchan pernah menolong Silvers Rayleigh dari kapal yang karam. Beberapa saat setelah peristiwa Shiki melarikan diri dari Impel Down, Hatchan mengunjungi Shakky. Shakky menawari Hatchan minum saat menemukan Rayleigh sedang membaca koran tentang pelarian Shiki.

Ketika tumbuh dewasa, Hatchan bergabung dengan Kelompok Arlong. Setelah Fisher Tiger menyerang Mariejois dan menjadi musuh Pemerintah Dunia, kru Bajak Laut Arlong ikut bergabung dengan Bajak Laut Matahari termasuk Hatchan.

Lain-Lain

Pertarungan Utama

Trivia

  • Namanya berasal dari Hachi (八), yang berarti "delapan" merujuk pada jumlah anggota badan gurita.

Navigasi Situs

Also on Fandom

Random Wiki