Fandom

Wikia One Piece

Makuro

1.173pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Makuro
Manga - Anime

Makuro anime

Statistik
Kanji: マクロ
Romaji: Makuro
Debut: Chapter 197;[1] Episode 386
Afiliasi: Bajak Laut Makuro;[2] Bajak Laut Matahari (former)[3]
Jabatan: Bajak Laut; Kapten;[2] Pemburu Hadiah[2]
Lahir: 6 September[4]
Pengisi Suara: Takashi Nagasako

Makuro adalah seorang manusia ikan dan kapten dari kelompok Makuro. Dia pertama kali muncul dalam serial cerita sampul Petualangan Dasar Laut Hatchan. Dia juga mantan anggota Bajak Laut Matahari pimpinan Fisher Tiger.

Penampilan

Makuro, manusia ikan dari spesies belut jepang yang disebut macropharynx. Makuro memiliki dua lengan atas besar seperti "Popeye" lengkap dengan tato "jangkar". Dia memakai jaket terbuka dan terdapat tato lambang "matahari" di depan kiri dan dua kalung manik-manik. Dia kira-kira berukuran sedikit lebih besar dari Hatchan.

Ciri khas pada Makuro yaitu bentuk wajah dengan bibir besar bawah dan rahang. Ketika ia menutup mulutnya, bagian bawah wajahnya begitu menonjol, seolah-olah selalu menempel pada wajah. Ketika membuka mulutnya, rahang bawahnya membuka begitu lebar membuat mulutnya sangat besar dibandingkan kepala. Dari mulut, bagian atasnya geraham sementara rahang bawah terdiri dari taring.

Kepribadian

Makuro jelas lebih pintar jika dibanding kedua krunya. Ia bertindak sebagai otak mereka dan berwenang memberi perintah. Meski seorang manusia ikan, ia dan kelompoknya tidak memiliki keraguan menjual manusia ikan lainnya demi keuntungan, seperti ketika mereka menculik Keimi dan Pappag untuk dijual. Meski begitu, dia tidak selalu kejam. Ketika masih bersama kelompok matahari, ia menunjukkan sikap yang baik terhadap Koala, seorang gadis kecil yang baru dibebaskan dari perbudakkan.

Seperti banyak karakter One Piece lainnya, Makuro memiliki gaya tertawa khasnya sendiri dengan "Mohahahaha".

Kemampuan dan Kekuatan

Makuro juga seorang petarung yang cukup tangguh. Ia setidaknya lebih kuat dari manusia normal umumnya serta beberapa keuntungan sebagai manusia ikan lainnya. Namun ia lebih lemah jika dibanding Hatchan, karena ia dan krunya dikalahkan Hatchan seorang diri.

Senjata

Makuro sepertinya memiliki beberapa keterampilan dengan pistol. Saat menjadi awak tiger, dia terlihat berkelahi dengan dua flintlock saat melawan marinir.

Riwayat

Masa Dahulu

Makuro tumbuh sebagai anak yatim di distrik Gyojin. Ketika Fisher Tiger kembali dan membentuk Bajak Laut Matahari, ia ikut bergabung menjadi kru. Dalam petualangannya, dia berteman baik dengan gadis kecil, Koala yang baru dibebaskan dari perbudakkan. Ia turut menegur Arlong yang bersifat rasis terhadap Koala dan ikut menangis saat Tiger mengantar kembali Koala pulang, memintanya untuk tinggal dan berlayar dengan mereka.

Setelah Koala kembali ke desanya, Bajak Laut Matahari disergap marinir Angkatan Laut. Mereka kehilangan kapal mereka dan Tiger terluka parah selama pertempuran. Makuro turut menyaksikan saat Tiger meninggal dunia. Ia dan yang lain kemudian dibawah komando Jinbe.

Setelah Jinbe memutuskan bergabung dengan Shichibukai, Makuro bersama Gyaro dan Tansui meninggalkan kelompok matahari dan membentuk kelompok mereka sendiri, Bajak Laut Makuro.

Petualangan Dasar Laut Hatchan

Dalam serial Cerita Sampul Petualangan Dasar Laut Hatchan, Makuro dan kru bertemu teman lamanya Hatchan. Melihat putri duyung Keimi bersama Hatchan, Makuro memutuskan menjual peta harta karun untuk ditukar dengan Keimi. Makuro menjelaskan bahwa peta akan menuntunnya kepada saus takoyaki legendaris. Hatchan dengan senang hati menerima sementara Makuro mulai memikirkan rencana untuk menjual Keimi sebagai budak.

Namun rencana mereka gagal setelah Hatchan tiba-tiba kembali karena merasa ditipu. Peta yang dimaksud justru menuntunnya pada cumi-cumi raksasa. Makuro bermaksud menjelaskan bahwa mereka tidak menipunya. Namun Hatchan tidak peduli dan tetap menyerang kapal dan mengalahkan mereka. Setelah kehilangan buruan mereka, Makuro dan gengnya memutuskan untuk mencoba kembali menculik Keimi dan membalas dendam terhadap Hatchan.

Kepulauan Sabaody

Setelah kekalahan mereka, Makuro dan krunya tetap berusaha merebut kembali Keimi. Namun usaha mereka terus gagal ditangan Hatchan yang telah berteman dengan Keimi dan selalu melindunginya. Skenario ini terus berlanjut hingga usaha yang ketiga puluh hingga mereka kemudian memutuskan mendapatkan bantuan.

Makuro dan kru memutuskan bersekutu dengan geng spesialis penculikkan kelompok penunggang ikan terbang. Dengan bantuan geng Duval, mereka berhasil mengalahkan Hatchan lalu menawannya sebagai sandera. Melalui Den Den Mushi, Makuro meminta Keimi datang demi keselamatan Hatchan. Sementara menunggu kedatangan Keimi, Makuro dan kru bersembunyi di bawah air.

Setelah kemunculan Thousand Sunny, Makuro dan krunya segera menangkap Keimi yang melompat ke dalam air. Namun Luffy dengan cepat merampas duyung dari tangan mereka. Di tengah-tengah pertempuran antara kelompok topi jerami dengan penunggang ikan terbang, Makuro dan kelompok dikalahkan Hatchan yang telah dibebaskan Zoro atas perintah Luffy.

Pertarungan Makuro

Referensi

  1. One Piece Manga — Vol. 22 Chapter 197, cerita sampul: Petualangan Bawah Laut Hatchan Vol. 14, Makuro memulai debutnya
  2. 2,0 2,1 2,2 One Piece Manga dan Anime — Vol. 51 Chapter 492 (hal. 6) dan Episode 387, Bajak Laut Makuro diperkenalkan.
  3. One Piece Manga dan Anime — Vol. 63 Chapter 621624 dan Episode 540544, Makuro termasuk anggota Bajak Laut Matahari.
  4. One Piece Blue Deep: Characters World (hal. 172), tanggal lahir Makuro diberikan.

Navigasi Situs

Templat:Bajak Laut Makuro Navibox

Also on Fandom

Random Wiki