Fandom

Wikia One Piece

Monkey D. Luffy/Hubungan dan Lain-Lain

< Monkey D. Luffy

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Hubungan dan Lain-Lain

Monkey D. Luffy
Manga - Anime

Statistik
Kanji: モンキー・D・ルフィ
Romaji: Monki D. Rufi
Alias: Lucy (ルーシー Rūshī?)[1]
Julukan: "Luffy si Topi Jerami" (麦わらのルフィ Mugiwara no Rufi?)[2]
Afiliasi: Bajak Laut Topi Jerami; Baratie; Armada Besar Topi Jerami (mantan)[3]; Keluarga Dadan (mantan)
Status: Bajak Laut
Jabatan: Kapten Bajak Laut
Lahir: 5 Mei[4]
Usia: 7 (Chapter 1);
17 (Chapter 1 - Chapter 597);
19 (Chapter 598 - sekarang)[5]
Tinggi: 172 cm (Chapter 1 - Chapter 597)[6];
174 cm (Chapter 598 - sekarang)[7]
Nilai Buruan: Berry Kecil.png 30.000.000[8];
Berry Kecil.png 100.000.000;
Berry Kecil.png 300.000.000;
Berry Kecil.png 400.000.000[9] Berry Kecil.png 500.000.000
Pengisi Suara: Mayumi Tanaka
Buah Iblis
Nama: Gomu Gomu no Mi
Arti: Karet
Tipe: Paramecia

Hubungan

Anggota kru

Luffy sangat dekat dengan anggota kru nya, bahkan menganggap mereka sebagai teman, berbeda dengan kebanyakan kapten bajak laut yang melihat anggota kru sebagai bawahan. Sebaliknya, meski pada dasarnya menghormati Luffy namun mereka tak canggung saat bergaul dengannya, bahkan beberapa anggota kru seperti Nami berani memukulnya (secara komik) karena merasa jengkel dengan tingkah konyolnya. Karena ia yang merekrut semua anggota kru, Luffy sangat peduli dan merasa bertanggung jawab atas keselamatan mereka. Selain itu, ia tak akan membiarkan satu orang pun yang ingin meninggalkan kru, jika tidak dapat memberikan alasan tepat dan menjadi sangat marah jika ada anggota kru nya yang disakiti, seperti saat Zoro dilukai Mihawk.

Sama seperti idolanya Shanks, Luffy adalah tipe kapten bajak laut baik hati yang tidak berusaha merugikan orang lain kecuali saat diganggu tanpa alasan yang tepat. Ia juga sangat percaya kepada kemampuan anggota krunya, seperti saat mendengar beberapa krunya ditangkap penjaga kerajaan Ryugu, ia nampak tidak terganggu sama sekali dan yakin bahwa teman-temannya bisa menjaga diri mereka sendiri. Juga seperti saat menerima tawaran Trafalgar Law untuk membentuk aliansi, ia mengklaim bahwa bahkan jika nantinya Law tidak dapat dipercaya, ia tidak khawatir karena percaya kepada mereka dan juga kepada hasil latihan mereka selama dua tahun, yang membuat terkejut anggota krunya sebelum bereaksi positif untuk memujinya.

Luffy juga memiliki bakat langka untuk menghibur siapapun dengan kejenakaannya, yang dapat membuat karakter seserius Zoro dan Robin tersenyum. Ia senang mengolok-olok kekurangan krunya, seperti Zoro yang suka tersesat, ataupun meniru kebiasaan rekan-rekannya dengan lucu, bahkan mengolok dirinya sendiri untuk kelucuan, seperti saat setelah hampir mati dibekukan Aokiji, ia membuat komedi dengan menutupi dirinya dengan tepung untuk membuat orang lain tertawa.

Meskipun ada diantara mereka yang kemudian berpikir ulang tentang alasan mereka mengikuti kapten seperti Luffy yang terkenal sembrono dan konyol, namun tidak satupun yang akhirnya merasa menyesal bergabung dan umumnya menikmati suasana di dalam kru.

Roronoa Zoro

Zoro adalah kru pertama yang bergabung, yang awalnya seorang pemburu bajak laut, memutuskan menjadi bawahan Luffy sebagai bajak laut, setelah merasa terhormat karena diselamatkan nyawanya dari kematian, meski bersumpah akan membunuh Luffy sendiri jika berani menghalangi impiannya. Prinsip Zoro sepertinya berubah seiring perjalanan waktu dimana ia pernah bersedia menyerahkan nyawanya untuk ditukar dengan kebebasan Luffy kepada Kuma. Ia bahkan membuang harga dirinya saat mengemis pada Mihawk saat memohon ia untuk melatihnya, demi mewujudkan impian Luffy menjadi Raja Bajak Laut.

Pada situasi sulit, Zoro dapat bertindak sebagai penasihat bagi Luffy. Seperti saat menolak keinginan Luffy untuk menerima kembali Usopp, sambil menjelaskan hal-hal yang berarti bagi kru. Kemudian di Dunia Baru, Zoro pernah menegur Luffy untuk menghentikan kebiasaan sembrononya agar mereka dapat lebih serius saat menyikapi sesuatu untuk dapat bertahan hidup.

Nami

Nami menghormati Luffy, apalagi setelah apa yang ia lakukan terhadap desanya. Walau begitu, Nami sering uring-uringan kepada tingkah konyol Luffy, bahkan sering membodohinya meski Luffy tak pernah mengambil hati. Luffy juga tak memiliki masalah menerima perintah Nami saat menavigasi kapal. Sekali dalam seumur hidup, Luffy pernah mempercayakan topi kesayangannya kepada Nami membuktikan tingginya kepercayaan ia terhadapnya.

Usopp

Hubungan mereka berdua mungkin yang paling dekat diatas kapal karena kesamaan masa kecil dan kebiasaan mereka bersenda gurau. Luffy dan Usopp juga memiliki keinginan yang sama untuk dapat bertemu Bajak Laut Rambut Merah dalam petualangan mereka. Ketika Usopp meninggalkan kru, ia dan Chopper merasa yang paling sedih karena kejadian tersebut, namun sama-sama gembira setelah Usopp meminta maaf dan memohon untuk bergabung kembali.

Sanji

Luffy sangat memuja kemampuan memasak Sanji, terutama karena sifat kerakusannya. Sebaliknya Sanji sering bertindak keras mendisiplinkan Luffy karena sering mencuri makanan diam-diam. Meski begitu, ia tak ragu-ragu menempatkan dirinya untuk melindungi Luffy dari Bartholomew Kuma saat mereka semua melemah. Sebelum bergabung, Sanji awalnya meragukan impian Luffy sebagai kebodohan termasuk mengakui impian dirinya juga terdengar bodoh. Kemudian timbul semacam rasa hormat pada cita-cita dan mimpinya, karena ia pun memiliki mimpi menemukan "All Blue", mirip dengan mimpi Luffy menemukan "One Piece".

Tony Tony Chopper

Bersama Usopp dan Chopper, mereka adalah trio bersama yang sering bermain-main dan bernyanyi diatas kapal. Chopper mau ikut bergabung dan turun kelaut karena diminta Luffy. Chopper juga sering cenderung untuk melompat saat Luffy terjatuh kelaut meski ia sendiri tidak bisa berenang. Luffy memiliki kepercayaan yang besar pada kemampuan kedokteran Chopper, seperti meralat janjinya sendiri untuk memberi anak-anak permen saat di Punk Hazard, setelah dijelaskan Chopper kalau permen yang dimakan anak-anak itu sebenarnya adalah obat-obatan berbahaya.

Nico Robin

Nico Robin sangat berterima kasih atas kesediaan Luffy menerimanya, meski dengan resiko bermusuhan dengan Pemerintah Dunia. Karenanya, dia pernah mengatakan kepada Brook kalau dia sangat senang jika disaat tertentu bisa mempertaruhkan nyawa untuk membantunya. Sebaliknya, Luffy sering meminta penjelasan Robin jika mereka menemui sesuatu hal yang baru.

Franky

Luffy sangat mengagumi bakat Franky dalam pertukangan. Ia juga tumbuh menghormati sosok Franky saat bergabung. Saat Franky mengeluarkan ciptaan terbaru, ia menjadi orang pertama yang berteriak kegirangan dan bersikeras untuk menjadi pertama yang mencobanya. Ia menjadi lebih kagum saat Franky bertingkah dengan menirukan gaya robot.

Brook

Sebagai musisi, Luffy sering meminta Brook memainkan musik untuk menghibur mereka. Selain itu, Brook bersama Luffy, Usopp dan Chopper sering bertingkah kekanak-kanakan yang membuat suasana kapal lebih hidup. Hubungan mereka semakin dekat dengan kenyataan bahwa ia adalah teman Laboon dan sama-sama berjanji untuk dapat bertemu kembali.

Keluarga

Monkey D. Dragon

Luffy akhirnya mengetahui fakta bahwa ia masih memiliki ayah setelah diberi tahu kakeknya, Monkey D. Garp. Tidak diketahui bagaimana perasaan sebenarnya, namun saat di Impel Down, ia mengakui status ayahnya kepada Emporio Ivankov. Sebaliknya, Monkey D. Dragon peduli kepada kehidupan Luffy seperti berusaha menyelamatkannya saat di Loguetown. Ia juga terus mengikuti perkembangan Luffy sebagai bajak laut.

Monkey D. Garp

Meskipun mereka saling menyayangi, namun Luffy benar-benar takut kepada kakeknya. Ini karena sikap Garp yang keras dalam mendidiknya. Garp awalnya memiliki harapan yang tinggi kepada Luffy untuk mengikuti jejaknya menjadi marinir Angkatan Laut, namun kecewa setelah mengetahui ia memilih jalan berbeda. Walau berbeda jalan hidup, hubungan keduanya masih baik-baik saja. Garp bahkan berkenan mengunjungi Luffy bersama pasukannya saat di Water 7. Saat pertempuran di Marineford, Garp terkesan berpura-pura saat menghadang Luffy, yang disebut Sengoku sebagai permainan kakek-cucu.

Portgas D. Ace

Luffy dan Ace dibesarkan bersama dan bersama Sabo, mereka saling mengangkat saudara. Luffy sangat sayang kepada Ace dan senang saat bisa bertemu kembali dengannya di Arabasta. Setelah mengetahui kabar penangkapan Ace, Luffy nekat menerobos Impel Down dan Marineford untuk membebaskannya. Meski upayanya berhasil, namun ia tidak dapat menyelamatkan Ace dari kematian dan jatuh terpuruk kedalam kesedihan. Berkat bantuan Jinbe, Luffy kini telah dapat menerima kenyataan yang menimpa Ace sekaligus untuk terus mewujudkan mimpinya, karena Ace pernah menyatakan bahwa ia percaya Luffy bisa menjdi Raja Bajak Laut.

Sabo

Bersama Ace, mereka bertiga saling mengangkat saudara saat masih kecil. Luffy pernah menyatakan kalau Sabo adalah kakak yang lebih baik dari Ace, meski itu hanya untuk menjengkelkan Ace. Saat mendengar kabar kematian Sabo, Luffy kecil menangis sepanjang malam sampai ia tertidur. Ia kemudian tersadar setelah Ace membentaknya menyuruhnya untuk hidup dengan kebanggaan seperti keinginan Sabo. Sabo berperan besar mempengaruhi karakter Luffy untuk berjiwa bebas seperti saat ini.

Curly Dadan

Awalnya Dadan tidak senang saat disuruh Garp untuk mengasuh Luffy. Namun kemudian hatinya menjadi luluh meski dia tidak pernah berani terang-terangan menunjukkannya. Dadan dan anak buahnya nekat menerobos kobaran api saat menyelamatkan Luffy dan Ace dari Bluejam. Saat akan mulai berlayar, Luffy berpamitan pada Dadan sambil mengatakan bahwa ia membenci bandit gunung tapi ia menyukainya, yang membuat Dadan menangis tersedu-sedu.

Teman

Warga sipil

Luffy berteman dengan sebagian besar warga sipil yang ditemuinya dalam perjalanan. Mereka senang dan kagum kepada Luffy atas jasanya yang mau membantu membebaskan mereka dari pihak jahat. Luffy berteman dengan banyak penduduk sipil seperti dari desa asalnya Desa Foosha, kota Shells, kota Orange, desa Syrup, desa Cocoyasi, pulau Drum, kerajaan Arabasta, Skypiea, kota Water 7, dan Pulau Fishman.

Shanks

Luffy sangat mengidolakan si rambut merah Shanks dan ingin menjadi bajak laut sepertinya. Saat masih kecil, Shanks menyelamatkannya saat tenggelam dan kehilangan tangan kirinya. Ketika akan pergi berlayar, Shanks berkenan memberikan topi jeraminya kepada Luffy sekaligus menanti kedatangannya saat ia menjadi bajak laut yang hebat.

Coby

Coby menjadi orang pertama yang ditemui Luffy dalam perjalanannya. Mereka dengan cepat berteman. Luffy mengagumi sifat Coby yang bercita-cita menjadi Angkatan Laut agar dapat membela orang-orang yang lemah. Luffy bahkan ikut menyemangati Coby dan membantunya menjadi berani menghadapi Bajak Laut Alvida. Coby tumbuh menghormati Luffy dan mereka saling berjanji untuk selalu berteman, meski mimpinya berlawanan dengan mimpi Luffy. Setelah bertemu lagi di Water 7, Coby terinspirasi oleh Luffy untuk terus mengejar mimpinya menjadi seorang laksamana. Meski mereka pernah bentrok selama perang, namun hal itu tampaknya tidak merusak persahabatan mereka.

Nevertari Vivi

Luffy berteman baik dengan Nevertari Vivi saat di Arabasta, begitu juga dengan kru topi jerami lainnya. Vivi sangat percaya kepada Luffy sepenuhnya. Dia juga tidak terkejut saat mengetahui Luffy merekrut Nico Robin karena percaya kepada penilaiannya.

Mr. 2 Bon Kurei

Luffy kembali berteman dengan Bon Kurei setelah ia meminta maaf karena menyulitkan mereka saat di Arabasta. Bon Kurei bahkan kemudian membantu mereka melarikan diri dari kejaran kapal patroli kapten Hina. Mereka bertemu kembali di Impel Down. Bon Kurei banyak membantu Luffy saat disana. Yang terakhir adalah aksi heroiknya yang rela berkorban agar mereka bisa meloloskan diri dari Impel Down.

Laboon

Sesaat setelah kru topi jerami memasuki Grandline, mereka bertemu ikan paus besar yang bernama Laboon. Crocus menjelaskan alasan dibalik aksi Laboon membenturkan kepalanya ke Reverse Mountain. Setelah berhasil mendapatkan perhatian Laboon, Luffy berjanji akan kembali menemuinya setelah petualangan mereka selesai. Sebagai tanda pengingat janji, Luffy menggambar lambang Bajak Laut Topi Jerami di kepala Laboon, dan menyuruh menjaganya agar tidak rusak sekaligus sebagai upaya mencegah Laboon mengulangi kebiasaannya.

Bartholomew Kuma

Bartholomew Kuma beberapa kali menyelamatkan Luffy dan kru topi jerami. Pada pertemuan pertama mereka, Kuma membiarkan kru topi jerami melarikan diri dari Thriller Bark. Tidak diketahui alasan ia melakukannya, meski diperkirakan karena hubungan dekatnya dengan Monkey D. Dragon, ayah Luffy. Pada kesempatan kedua, Kuma bahkan berani bertentangan langsung dengan laksamana Kizaru setelah mengirim mereka pergi untuk menghindarkan mereka ditangkap Angkatan Laut. Akhirnya, sebelum benar-benar kehilangan kontrol dirinya, Kuma meminta Dr. Vegapunk untuk memprogramnya agar melindungi kapal kru topi jerami Thousand Sunny sampai anggota kru topi jerami kembali.

Trafalgar Law

Luffy berhutang nyawa kepada Trafalgar Law karena pernah diselamatkan dari kematian setelah terluka parah saat perang di Marineford. Meski sama-sama menyandang label Eleven Supernova, namun hubungan keduanya berkembang positif. Luffy sangat senang dapat bertemu kembali dengannya di Punk Hazard. Mereka kemudian membentuk aliansi agar dapat menandingi kekuatan Yonko. Meski diperingatkan anggota krunya untuk berhati-hati, namun Luffy sepertinya cukup percaya kepadanya.

Silvers Rayleigh

Rayleigh sudah lama mendengar tentang Luffy dari Shanks dan berkeinginan untuk dapat bertemu langsung dengannya. Setelah perang di Marineford, Rayleigh pergi menemui Luffy di Amazon-Lily dan berkenan mengajarinya kemampuan Haki agar Luffy menjadi lebih kuat selama satu tahun setengah. Rayleigh sepertinya menaruh harapan besar pada diri Luffy dan bangga dapat melatih Luffy.

Boa Hancock

Luffy bertemu Boa Hancock saat terlempar ke pulau wanita oleh Bartholomew Kuma. Awalnya mereka saling bermusuhan. Setelah mengetahui sifat-sifat Luffy, Hancock berubah menyukainya, bahkan ia kemudian jatuh cinta kepada Luffy. Luffy berhasil menyelinap masuk ke Impel Down atas bantuan Hancock. Saat perang di Marineford, Hancock bahkan terang-terangan melindungi Luffy dan membantunya. Setelah perang, dia berperan besar menyembunyikan kehadiran Luffy dari pencarian pihak Angkatan Laut.

Jinbe

Meski awalnya ia ikut membantu karena ingin menolong menyelamatkan Ace, namun kemudian Jinbe tumbuh menyukai dan menghormati Luffy saat melihat kapasitasnya. Ia menyatakan bahwa ia akan dengan senang hati menyerahkan nyawanya untuk melindungi Luffy saat di kejar Akainu, bahkan tak ragu-ragu menggunakan tubuhnya untuk menghindari serangan Akainu. Setelah mereka sembuh, Jinbe sangat berperan memulihkan kondisi mental Luffy yang terpuruk setelah kematian saudaranya.

Luffy kemudian meminta Jinbe untuk bergabung, namun Jinbe menolak karena masih terikat janji dengan Bajak Laut Big Mom. Meski begitu, Jinbe mengatakan akan dengan senang hati bergabung dengannya setelah urusannya selesai.

Emporio Ivankov

Emporio Ivankov menyelamatkan nyawa Luffy saat terkena racun Magellan di Impel Down. Setelah mengetahui bahwa Luffy adalah anak Dragon, Ivankov bersama Inazuma memutuskan menolong Luffy keluar dari Impel Down dan mendukungnya menyelamatkan Ace di Marineford. Setelah perang, Ivankov menyerahkan Luffy di tangan Jinbe dan kembali ke Pulau Momoiro sambil mengatakan ingin bertemu dengannya lagi.

Shirahoshi

Luffy dengan cepat berteman dengan putri Shirahoshi setelah menyelamatkannya dari serangan Kapak Vander Decken IX. Setelah mendengar bahwa Shirahoshi telah dikurung selama sepuluh tahun demi keselamatannya, Luffy mengajaknya berjalan-jalan keluar sambil menjamin keselamatannya sehingga dia tak perlu khawatir lagi dengan ancaman Vander Decken IX.

Sekutu

Tentara Revolusioner

Trafalgar Law

Bajak laut Heart

Crocodile

Bajak Laut Buggy

Bajak Laut Whitebeard

Bajak Laut Kuja

Musuh

Pemerintah Dunia

Monkey D. Luffy mulai mendapat perhatian serius dari Pemerintah Dunia setelah menundukkan salah satu Shichibukai Crocodile. Kemudian ia terang-terangan menyatakan bermusuhan dengan pemerintah saat berusaha merebut kembali angguta krunya, Nico Robin dengan menyerang Enies Lobby dan mengalahkan agen elit CP9. Aksinya berlanjut saat mengalahkan Shichibukai lainnya, Gekko Moriah yang membuat pemerintah gerah dan mengutus Bartholomew Kuma untuk menangkapnya. Saat di Kepulauan Sabaody, ia dan krunya memukul Tenryuubito demi menyelamatkan Keimi. Sebagai penutup, Luffy menerobos penjara Impel Down dan membebaskan banyak tahanan serta ikut berpartisipasi dalam perang di Marineford.

Angkatan Laut

Sebagai bajak laut, Luffy menjadi pihak yang dicari oleh Angkatan Laut. Ia mendapat poster buruan pertama setelah mengalahkan Alvida, Buggy, Don Krieg dan Arlong, dan dikaruniai dengan nilai bounty Berry.png 30.000.000. Nilai tersebut menjadikannya sebagai pemilik nilai bounty tertinggi di seluruh kawasan East Blue. Nilai bounty nya bertambah setelah mengalahkan Shichibukai Crocodile, menjadi Berry.png 100.000.000. Setelah peristiwa Enies Lobby, nilai bounty nya meningkat pesat menjadi Berry.png 300.000.000, menjadikannya bersama Roronoa Zoro sebagai salah satu Eleven Supernova. Setelah menerobos Impel Down dan berperan serta dalam perang di Marineford, nilai bounty nya naik lagi menjadi Berry.png 400.000.000.

Akainu

Akainu adalah musuh besarnya karena telah membunuh Ace. Mental Luffy benar-benar terpukul menyaksikan kematian saudaranya di tangan Akainu. Tak puas membunuh Ace, Akainu juga mengincar Luffy dan berhasil melukainya hingga nyaris mati jika tidak cepat disembuhkan Trafalgar Law.

Marshall D. Teach

Marshall D. Teach bertanggung jawab atas penahanan yang berujung pada upaya eksekusi Ace. Ia berpapasan dengan Teach saat di Impel Down dan hampir terlibat perkelahian jika tidak cepat dipisahkan oleh Jinbe.

Smoker

Gekko Moriah

Enel

Robb Lucci

Hody Jones

Vander Decken IX

Caesar Clown

Arlong

Don Krieg

Kuro

Morgan

Lain-lain

Also on Fandom

Random Wiki