Fandom

Wikia One Piece

Raftel

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Raftel
Raftel.png
Statistik
Nama: Pulau Raftel
Japanese: ラフテル
Romaji:
Romanji: Rafuteru
Nama Asli: Raftel
Wilayah: Tidak Diketahui
Wilayah: Dunia Baru
{{{extra5title}}}: {{{extra5}}}
{{{extra6title}}}: {{{extra6}}}
{{{extra7title}}}: {{{extra7}}}

Raftel adalah pulau di ujung Grand Line yang konon tempat menaruh harta karun One Piece.

Hal ini juga mengatakan bahwa setelah mencapai Raftel, jika seseorang telah dituntun pergi menuju kesana oleh batu-batu Poneglpyh di sepanjang perjalanan, maka Rio Poneglyph akhirnya akan terungkap. Untuk alasan ini, Raftel mungkin merupakan tujuan akhir, setidaknya untuk Nico Robin.[1]

Gol D. Roger dan krunya adalah orang-orang yang hanya diketahui telah mencapai pulau. Roger menawarkan Shirohige informasi tentang bagaimana untuk sampai ke Raftel, Shirohige tapi menolak karena mimpinya sendiri untuk mencapai sebuah "keluarga" dari awak-awaknya, bukannya mencapai One Piece. Hal ini juga menunjukkan bahwa mendarat ke pulau ini tidak sesederhana berlayar ke ujung Grand Line.[2]

Referensi

  1. One Piece Manga dan Anime — Vol. 32 Chapter 301 dan Episode 194, Robin membahas Rio Poneglyph dengan para Shandian dan Gan Fall.
  2. One Piece Manga dan Anime — Vol. 59 Chapter 576 dan Episode 485, Newgate mengingat percakapan terakhirnya dengan Roger tentang Raftel.

Navigasi Situs

Also on Fandom

Random Wiki