Fandom

Wikia One Piece

Rokushiki

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Rokushiki
Luffy vs. Blueno.png
Statistik
Nama: Rokushiki
Japanese: 六式
Romaji:
Romaji: Rokushiki
Inggris: Six Powers (Viz Manga dan FUNimation dub)
Arti: Enam Gaya Bertarung
Pengguna: Bermacam-macam
{{{extra6title}}}: {{{extra6}}}
Fokus Gaya Bertarung: Teknik Spesifik, Latihan Luar Biasa

Rokushiki adalah sebuah seni bela diri spesial dan khusus. Dalam Viz Manga dan FUNimation dub, Rokushiki juga disebut Enam Kekuatan. Masing-masing dari teknik ini membuat penampilan mereka pada chapter-chapter dan episode yang berbeda-beda, namun teknik ini membuat penampilan perdananya pada Chaper 342 dan Episode 242. Pertama kali diperkenalkan sedang digunakan oleh para agen CP9.

Peninjauan

Kekuatan para pengguna Rokushiki diukur dengan Doriki, dimana Fukurou mampu menggunakan "Te-awase" miliknya untuk menghitung Doriki. Semakin tinggi level, maka semakin kuat juga potensi kekuatan dari masing-masing teknik. Sebagian besar pengguna memiliki variasi mereka sendiri dari setiap teknik, untuk meningkatkan fleksibilitas dan orisinalitas mereka. Selain itu, pengguna tertentu cenderung lebih fokus pada satu teknik, seperti Fukurou dengan Soru, Jabra dengan Tekkai, Kaku dengan Rankyaku, dan Rob Lucci dengan Shigan.

Rokushiki adalah gaya bertarung utama yang digunakan oleh organisasi rahasia milik Pemerintah Dunia, para agen CP9, tetapi beberapa Marinir juga mampu menggunakannya. Coby menggunakan Soru saat berhadapan dengan Monkey D. Luffy, Wakil Laksamana Momonga dan Dalmatian menggunakannya untuk melawan Luffy di Marineford, dan Dalmatian juga menggunakan Shigan untuk melawan Luffy, Wakil Laksamana Vergo menggunakannya kepada beberapa Marinir G-5 di Punk Hazard, dan Kapten Tashigi menggunakannya selama konfrontasi melawan Monet. Tidak diketahui persis seberapa banyak Rokushiki tersebar di kalangan Marinir dan bagaimana teknik ini diketahui secara luas, tetapi tampaknya teknik yang paling umum dikenal adalah Soru.

Trivia

  • Zephyr dikatakan telah menguasai gaya bertarung Rokushiki, tetapi tidak pernah diperlihatkan menggunakannya dalam pertarungan.
  • Menurut Oda ada sebuah lelucon mengenai teknik kedelapan Rokushiki yang disebut Chokkai (直貝 Chokkai, secara harafiah berarti "mengganggu") dimana penggunanya mengganggu lawan secara terus menerus tanpa henti.

Referensi

  1. One Piece Manga and Anime — Vol. 36 Chapter 342 (hal. 16) dan Episode 242, Kalifa secara samar-samar menggunakan Geppo.
  2. One Piece Manga and Anime — Vol. 37 Chapter 347 (hal. 9) dan Episode 245, Rob Lucci menjelaskan Rokushiki.
  3. One Piece Manga and Anime — Vol. 45 Chapter 432 (hal. 10) dan Episode 314, Coby pertama kali menggunakan Soru saat berhadapan dengan Luffy.
  4. One Piece Manga and Anime — Vol. 58 Chapter 567 dan Episode 476, Momonga menggunakan Soru dan Dalmatian menggunakan Soru juga Shigan untuk melawan Luffy.
  5. One Piece Manga and Anime — Vol. 69 Chapter 680 (hal. 13-14) dan Episode 606, Vergo menggunakan Shigan untuk melawan anak buahnya sendiri.
  6. One Piece Manga and Anime — Vol. 69 Chapter 687 (hal. 12) dan Episode 613, Tashigi menggunakan Soru saat melawan Monet.
  7. One Piece Vol. 1000 (hal. 71), garis waktu dari sejarah Zephyr.
  8. SBS One Piece Manga — Vol. 53, Oda menyatakan dia bisa menggunakan teknik Chokkai.

Also on Fandom

Random Wiki