Fandom

Wikia One Piece

Usopp/Kemampuan dan Kekuatan

< Usopp

1.173pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Usopp
Manga - Anime

Statistik
Kanji: ウソップ
Romaji: Usoppu
Alias: Sogeking (そげキング Sogekingu?)[1]
Debut: Bab 23; Episode 8
Julukan: "Raja Penembak" (狙撃の王様 Sogeki no Ō-sama?)
Afiliasi: Bajak Laut Topi Jerami; Bajak Laut Usopp (bubar)
Status: Bajak Laut
Jabatan: Penembak Jitu; Mekanik (sementara); Kapten (mantan)
Lahir: 1 April[2]
Usia: 17 (debut)[3]; 19 (timeskip)
Tinggi: 174 cm (debut)[4]; 176 cm (timeskip)[5]
Nilai Buruan: Berry Kecil.png 200.000.000[6]
Pengisi Suara: Kappei Yamaguchi

Menurut Oda dalam sebuah diskusi dengan Tanaka Mayumi (pengisi suara Luffy), tidak peduli siapapun yang nantinya bergabung dengan kru topi jerami, ia selalu ingin Usopp menjadi yang terlemah diantara mereka untuk menjaga keseimbangan cerita. Oda juga menyatakan bahwa ini karena Usopp adalah karakter dengan kekuatan fisik yang paling mendekati dengan kekuatan manusia biasa, sehingga penggambaran kekuatan karakter lainnya mudah untuk dibandingkan, meski kini kekuatan Usopp telah meningkat setelah timeskip.

Karena tidak memiliki kekuatan fisik yang mumpuni, Usopp lebih menggunakan otak dan keahlian saat bertarung. Ia juga memiliki ketahanan tubuh yang lumayan tinggi. Ia pernah menyatakan kalau ia tidak pernah sakit selama hidupnya. Setiap dalam pertempuran besar, ia mampu bertahan meski menderita luka-luka yang cukup parah. Salah satu contoh saat wajahnya dipukul dengan tongkat 4 ton milik Mr. 4 dan dilanjutkan dengan berulang kali menghantam dinding beton akibat ulah Miss Merry Christmas disaat yang sama Keahlian utama Usopp dalam bertarung adalah sebagai penembak jitu, terutama menggunakan ketapel dengan berbagai macam peluru. Keahlian ini tampaknya diturunkan langsung dari ayahnya Yasopp yang terkenal sebagai penembak jitu dari kelompok Bajak Laut Rambut Merah. Keahliannya dalam menembak hampir tak tertandingi. Ia dapat mengenai Spandam dan beberapa marinir dengan ketapelnya dari Menara Kehakiman yang jauh, yang oleh para marinir dikatakan mustahil untuk dapat dilakukan karena kencangnya angin dan jauhnya jarak. Sebelum bergabungnya Franky, ia menjadi satu-satunya anggota kru yang terlihat mengurusi bidang mekanik seperti perbaikan kapal atau menggunakan meriam, meski hal itu dilakukan secara asal-asalan (seperti yang dinyatakan Franky kalau kemampuannya dalam menggunakan palu seperti amatiran). Selain itu, ia juga tampaknya memiliki beberapa pengetahuan tentang ilmu kimia dan sering bereksperimen untuk membuat berbagai senjata baru seperti "Kabuto" dan "Clima Tact". Setelah Franky bergabung, Usopp dengan senang hati membiarkan ia mengambil alih pengurusan kapal, bahkan setuju untuk ikut membantu. Sebagai gantinya, Franky sering menunjukkan karyanya dalam upaya memberikan Usopp ide untuk menciptakan alat-alat baru. Franky bahkan mengakui kalau Usopp memiliki bakat dalam menciptakan alat-alat. Setelah timeskip, inovasinya semakin bertambah dengan mampu menciptakan berbagai macam amunisi yang dinamakan "Pop Green".

Ketapel

Sejak awal bergabung, Usopp memiliki sebuah ketapel kecil. Ketapel itu kemudian terus dimodifikasi seiring dengan perjalanan mereka. Ia memiliki berbagai macam amunisi yang tersimpan dalam tas yang selalu dibawanya. Amunisinya dapat berupa apa saja termasuk kelereng besi kecil, bahan peledak, bom asap, batu, bahkan ia pernah juga menggunakan telur seperti saat mengalihkan perhatian Richie, singa milik Mohji. Untuk meningkatkan daya penglihatannya, ia memakai sepasang kacamata khusus sniper.

Kabuto

Selama di Enies Lobby, ia memperkenalkan senjata terbarunya "kabuto", sebuah ketapel yang dimodifikasi dengan lima cabang terhubung ke tongkat panjang. Kekuatannya diklaim menjadi lebih besar karena ia memodifikasinya dengan berbagai Dial pulau langit. Jangkauannya sangat jauh dan Usopp mampu menggunakannya secara akurat untuk menyerang target dari jarak yang mustahil dapat dilakukan orang biasa. Setelah timeskip, desain Kabuto nya dimodifikasi lagi menjadi lebih pendek dengan mempertahankan bentuk lima cabang dan salah satu cabang berubah menjadi warna hitam.

Pop Green

Setelah timeskip, ia memperkaya variasi serangannya dengan menciptakan berbagai amunisi yang dinamakan Pop Green. Amunisi ini dibuat berdasarkan pengetahuan yang diperolehnya selama terdampar di kepulauan Boin. Saat menyelamatkan Nami di kepulauan Sabaody, ia menembakkan semacam tanaman karnivora yang dapat menggigit. Selain itu, saat mereka pergi ke Pulau Manusia Ikan, ia menyelamatkan Thousand Sunny dari reruntuhan batuan dengan menembakkan semacam tanaman merambat untuk menghambat bebatuan. Selama di Pulau Manusia Ikan, ia menggunakan pop green yang dapat menumbuhkan bunga bangkai dan juga saat menumbuhkan sekelompok tanaman bambu yang muncul tiba-tiba dari dalam tanah.

Peralatan lainnya

  • Shuriken (pisau ninja)
    Pertama kali digunakan saat bertarung melawan kelompok kucing hitam di desa syrup.
  • Saus kecap/tomat
    Pertama kali digunakan saat bertarung melawan Chew di desa Kokoyashi.
  • Palu besi
  • Karet gelang
  • Usopp Pound (5 ton)
    Pertama kali digunakan saat bertarung melawan Mr. 4 dan Miss Merry Christmas di Alabasta.
  • Papan tulis
    Pertama kali digunakan saat melawan agen Baroque Works di Alabasta.
  • Usopp ah yah yah (tali usopp)
    Pertama kali digunakan saat melawan Satori di pulau langit Skypiea.
  • Dial impact
    Pertama kali digunakan dalam permainan Davy Back Fight.
  • Dial flame
    Pertama kali digunakan saat melawan Luffy di Water 7.
  • Sepatu gurita
    Pertama kali digunakan diatas kereta api laut, Puffing Tom.
  • Usopp Golden Pound (10 ton)
    Pertama kali digunakan saat melawan Perona di Thriller Bark.

Referensi

  1. One Piece Manga dan Anime — Vol. 38 Chapter 367 (hal. 19) dan Episode 257, Usopp membuat debutnya sebagai Sogeking.
  2. SBS One Piece MangaVol. 15, pertanyaan penggemar: Oda-sensei! Aku sudah berpikir tentang hal ini banyak ... kapan Luffy, Zoro, Nami, Usopp dan Sanji berulangtahun? Beritahu kami!
  3. SBS One Piece MangaVol. 4, pertanyaan penggemar: Berapa usia Luffy, Zoro, Nami, dan Shanks?
  4. SBS One Piece MangaVol. 10, pertanyaan penggemar: Aku ingin tahu tinggi tubuh mereka berlima.
  5. SBS One Piece MangaVol. 69 (hal. 66), tinggi Usopp pasca timeskip diberikan.
  6. One Piece Manga dan Anime — Vol. 45 Chapter 435 (hal. 17) dan Episode 320, Nilai Buruan Usopp sebagai Sogeking untuk menyerang Enies Lobby terungkap bersama awak kapal lain.

Situs Navigasi

Also on Fandom

Random Wiki