Fandom

Wikia One Piece

Vivre Card

1.172pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Vivre Card
Vivre Card Infobox.png
Statistik
Nama: Vivre Card
Japanese: ビブルカード
Romaji:
Romaji: Biburu Kādo
Debut: Chapter 157; Episode 101[1]
Tempat Pembuatan: Dunia Baru[2]
{{{extra4title}}}: {{{extra4}}}
{{{extra5title}}}: {{{extra5}}}
{{{extra6title}}}: {{{extra6}}}
{{{extra7title}}}: {{{extra7}}}

Vivre Card (ビブルカード Biburu Kādo?), juga dikenal sebagai "kertas kehidupan" (命の紙 Inochi no Kami?) adalah kertas khusus yang dibuat di Dunia Baru. Sebuah Vivre Card dibuat dengan mengambil sedikit bagian kuku seseorang lalu dibuat menjadi kertas[2].

Pengenalan

Vivre Card berwarna putih terlihat seperti kertas biasa. Kertas benar-benar tahan air dan tahan api, tetapi dapat dirobek dan diberikan kepada orang dekat yang mungkin akan berpisah. Potongan robek akan mengarah dan bergerak menuju bagian terbesar lainnya dari Kartu (seperti yang ditunjukkan oleh kartu Rayleigh) sedangkan bagian terbesar akan menunjuk ke arah orang yang membuat kartu (seperti milik Ace). Namun jika kartu mulai membakar sendiri dan berkurang mengindikasikan tanda kehidupan pembuat kartu sedang terancam atau dalam bahaya.

Daftar Vivre Card Yang Diketahui

  • Portgas D. Ace: Kartu Vivre yang pertama, diberikan Ace kepada Luffy di Alabasta jika sewaktu-waktu topi jerami ingin menemukannya. Kartu berubah terbakar dan berkurang signifikan setelah Ace ditangkap dan dalam bahaya eksekusi. Setelah Ace dibebaskan, kartu telah kembali pulih namun saat dia terkena pukulan magma Akainu, kartu terbakar dengan cepat dan lenyap menjadi abu[3]
  • Mama Lola: Kartu ini diberikan Lola dari Bajak Laut Rolling kepada Nami. Dia memberikan Nami sebuah Vivre Card "Mama" nya jika mereka sewaktu-waktu membutuhkan bantuan ibunya di Dunia Baru. Di sini fungsi Kartu Vivre sepenuhnya dijelaskan[2].
  • Silvers Rayleigh: Setelah kesulitan mereka disebabkan situasi di Kepulauan Sabaody, Rayleigh memberikan setiap anggota topi jerami Kartu Vivre untuk menemukan dia setelah kapal mereka selesai dilapisi[4].
  • Zephyr: Ain menggunakan Kartu Vivre untuk menemukan Zephyr setelah ia dikirim terbang pergi oleh ledakan yang menghancurkan Pulau Firs[5].

Tidak Diketahui

Isu Terjemahan dan Dub

  • "Vivre" adalah kata Perancis untuk "hidup".
  • Beberapa terjemahan menyebutnya sebagai "Biblicard", kemungkinan berdasarkan lafal Jepang "Biburukādo".

Referensi

  1. One Piece Manga dan Anime — Vol. 18 Chapter 157 dan Episode 101, Ace memberikan Luffy kartu Vivre miliknya di Alabasta.
  2. 2,0 2,1 2,2 One Piece Manga dan Anime — Vol. 50 Chapter 489 dan Episode 381, Lola menjelaskan tentang Vivre Card kepada Nami dan Luffy di Thriller Bark.
  3. One Piece Manga dan Anime — Vol. 59 Chapter 574 dan Episode 483, Luffy melihat Vivre Card Ace terbakar habis dan menjadi abu seiring kematiannya.
  4. One Piece Manga dan Anime — Vol. 52 Chapter 507 dan Episode 400, Rayleigh memberikan beberapa Vivre Card nya untuk anggota topi jerami.
  5. One Piece Movie 12, Ain menggunakan Kartu Vivre untuk melacak Zephyr.
  6. One Piece Manga dan Anime — Vol. 71 Chapter 701 dan Episode 630, Law memberikan Nami Vivre Card yang mengarah ke Zo.
  7. One Piece AnimeEpisode 578, Shuzo dan Momonga menggunakan Vivre Card untuk melacak target mereka.

Also on Fandom

Random Wiki