FANDOM

Zou
270px
Statistik
Nama Jepang: ゾウ
Nama Romaji:
Nama:
Secara Harfiah: Gajah
Debut: Chapter 795; Episode 739[1]
Wilayah: New World
Log Perubahan: Tidak
Afiliasi: Wano

Zou adalah sebuah pulau bergerak yang berada diatas punggung gajah purba super besar berusia ribuan tahun[2]. Gajahnya, dipanggil Zunisha berjalan terus menerus mengitari lautan New World, tanpa berhenti. Dikenal juga sebagai "Pulau Hantu" karena lokasinya tak dapat ditunjuk oleh Log Pose. Merupakan kampung halaman bagi bangsa Mink, dan juga tempat kelompok Bajak Laut Heart tinggal sementara menunggu kapten mereka kembali dari Dressrosa.

Zou adalah tempat ketiga yang disinggahi kelompok topi jerami di Dunia Baru, dan setting utama dari cerita Arc Zou.

Keadaan Geografis

Zunisha adalah gajah besar, hidup dan memiliki kesadaran bebasnya sendiri. Akibatnya, ia tak bisa dilacak oleh Log Pose atau Eternal Pose seperti pulau umumnya. Gajah Zunisha telah berjalan mengitari New World selama 1000 tahun tanpa henti atas perintah seseorang. Tubuhnya berkerak, terluka oleh waktu dan unsur-unsurnya; telinganya robek, matanya menjadi cekung ke dalam tengkoraknya, dan kulitnya rapuh dan lemah. Kakinya sangat tinggi, sehingga sulit untuk mengukur tinggi gajah sebenarnya.

Permukaan tanah di Zou, berasal dari kulit Zunisha yang empuk dan kasar berlipat-lipat, sehingga sulit untuk melakukan perjalanan. Tanahnya ditumbuhi pepohonan aneh berbentuk bola-bola dan berdaun seperti sisik.

Dua kali sehari, Zunisha akan menyedot air laut ke dalam belalainya dan menyemburkannya keatas punggungnya, menghasilkan semburan air besar yang disebut "hujan erupsi", mengguyur turun dari atas dan menghanyutkan siapapun yang tidak segera berlindung. Airnya ikut membawa berbagai hewan laut, yang menyediakan makanan bagi suku Mink dan juga dimurnikan sebagai air minum melalui saluran air.

Peradaban suku Mink dikenal sebagai Mokomo Dukedom terdiri dari sebuah kota yang luas dengan beberapa bangunan kuno yang tertanam dalam formasi batuan di sekitarnya dan daerah yang dikenal sebagai Hutan Paus yang memiliki pohon berbentuk paus besar. Seluruh bagian belakang dilingkari oleh sebuah tembok besar, dengan sebuah gerbang yang terletak di dekat ekor Zunisha.

Hutan Paus

Hutan Paus (くじらの森 Kujira no Mori?) terletak di dekat pangkal leher Zunisha. Di tengah hutan, ada pohon besar yang disebut Paus karena batangnya menyerupai paus biru yang membungkuk ke atas. Di bagian ekor Paus, ada sebuah ruang rahasia dimana Road Poneglyph terletak di bawah lambang Keluarga Kozuki. Ketika Jack menyerang Zou, Raizo disembunyikan dan diikat ke sini untuk merahasiakan keberadaannya dari bajak laut tersebut. Hutan dianggap sakral karena adanya Road Poneglyph, dimana para Guardian disumpah untuk melindungi dari penyusup manapun.

Distrik Guardian

Distrik tempat tinggal para Guardian terletak di dasar Paus dan berisi beberapa rumah kayu dan bangunan tempat Nekomamushi dan guardian lainnya tinggal, serta restoran, bar dan hotel. Tempat ini mengalami beberapa kerusakan oleh gempa bumi selama usaha penyerangan Jack yang kedua. Pekoms juga dirawat disini.

Kota Kurau

Kota Kurau (クラウ都 Kurau-to?) adalah sebuah kota yang terletak di tepi luar Hutan Paus dan di area tengah punggung Zunisha. Kota ini telah dirancang khusus untuk mengakomodasi "hujan erupsi" dengan beberapa penyaring dan saluran air. Selama invasi Bajak Laut Beast, kota ini rusak parah dan Jack menempatkan beberapa salib penyiksaan di tengah jalan yang dengannya dia menyalib beberapa mink untuk interogasi dan menyiksa mereka untuk mendapatkan informasi. Setelah invasi Jack, kota itu ditinggalkan, dengan sebagian besar warga berlindung di Benteng Perut Kanan.

Hutan Pantat Kanan

Hutan Pantat Kanan (右腹 (ウバラ) の森 Ubara no Mori?) adalah hutan yang terletak di pantat kanan Zunisha.

Rawa Dalam Gelap

Rawa Dalam Gelap adalah rawa yang terletak di bagian belakang Zunisha; Jika seseorang lurus ke jalan ini dari Hutan Pantat Kanan, maka mereka akan menemukan tempat ini, dan jika seseorang membelok langsung dari sini, mereka bisa mencapai Hutan Perut Kanan.

Hutan Perut Kanan

Hutan Perut Kanan (右腹 (ウバラ) の森 Ubara no Mori?) adalah hutan yang terletak di sayap kanan Zunisha (atau bagian perut).

Benteng Perut Kanan

Benteng Perut Kanan (右腹 (ウバラ) の砦 Ubara no Toride?) terletak di dalam hutan perut kanan dan merupakan tempat tinggal banyak hal, terutama setelah invasi Jack. Menurut Wanda, benteng tersebut merupakan kawasan pemukiman dimana nenek moyang Suku Mink dulu tinggal.

Riwayat

Masa Dahulu

Zou telah menjadi tempat tinggal bagi suku Mink selama sekitar 1000 tahun. Atas perintah seseorang, gajah Zunisha telah berjalan mengitari lautan New World selama seribu tahun tanpa henti sebagai hukumannya dimasa lalu.

Arc Punk Hazard

Kozuki Momonosuke dan pengikutnya Kinemon, Kanjuro, dan Raizo berusaha menuju ke Zou dari Wano. Raizo berhasil sampai namun yang lainnya terdampar dalam perjalanan ke sana.

Arc Dressrosa

Setelah sampai di Dressrosa, Trafalgar D. Water Law memberi Nami kartu Vivre Card bawahannya yang memberi arah ke Zou dan memintanya untuk menggunakannya jika terjadi sesuatu. Setelah bentrokan singkat Sanji dengan Donquixote Doflamingo dan kedatangan Bajak Laut Big Mom, yang mencari Caesar Clown, kelompok jerami keriting di atas kapal Thousand Sunny berangkat ke Zou untuk mencegah Momonosuke dan Caesar ditangkap tangan Doflamingo sementara anggota yang tersisa Menyelesaikan urusan mereka di Dressrosa.

Arc Zou

Tujuh hari sebelum kedatangan kelompok Sanji, Jack dan Bajak Laut Kaido mendatangi Zou untuk mencari Raizo. Para Mink berbohong kepada bajak laut bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan tentang Raizo untuk membuatnya tetap aman, dan kedua kelompok tersebut bertempur selama lima hari. Namun, Jack memenangkan pertarungan tersebut dengan melumpuhkan mink dengan gas Koro Caesar yang beracun, dan setelah itu dia dan anak buahnya menyiksa mereka untuk mendapatkan informasi sebelum berangkat sehari kemudian untuk menyelamatkan Doflamingo. Hari itu, kelompok Sanji sampai di Zou. Saat memasuki hutan, mereka bertemu dengan salah satu bawahan Jack, Sheepshead, yang mengejar Tristan. Mereka mengusir Bajak laut Beast, membersihkan gas, dan menyelamatkan nyawa semua mink yang terluka.

Dengan menyadap komunikasi kelompok topi jerami di Dressrosa, kapal Big Mom mengetahui tujuan kapal Sunny lalu menuju Zou dengan bantuan Pekoms. Pekoms dan Capone Bege naik ke atas pulau untuk menangkap Caesar bersama Sanji yang dibutuhkan untuk pesta teh Big Mom. Setelah melihat keadaan Zou, Pekoms setuju untuk membiarkan Sanji karena telah menyelamatkan negerinya namun Bege menembaki dia dengan marah lalu menyandera kelompok jerami keriting dan Caesar dengan bantuan anak buahnya. Setelah berhasil membebaskan rekan-rekannya, Sanji mengancam akan membunuh Caesar jika Bege atau anak buahnya mencoba menangkapnya kembali. Karena ini dan kedatangan Nekomamushi, Bege meninggalkan Zou dengan Sanji dan Caesar.

Dua hari kemudian, Luffy dan yang lainnya tiba dan naik ke atas gajah. Mereka bersatu kembali dengan kru lainnya dan mengunjungi mink, mengetahui serangan Jack dan situasi Sanji. Keesokan harinya, Kinemon dan Kanjuro memasuki Zou. Topi Jerami berusaha mencegah agar para Mink tidak melihat mereka, tapi tidak berhasil. Namun mengejutkan, mink tersebut justru mengungkapkan persekutuan mereka dengan Keluarga Kozuki dari Negara Wano dan mengambil Topi Jerami dan samurai untuk melihat Raizo.

Kemudian hari itu, Jack dan orang-orangnya kembali ke Zou, dengan Jack berencana untuk menumbangkannya dengan membunuh Zunisha sendiri. Namun, Momonosuke menemukan bahwa dia bisa mendengar suara Zunisha, dan atas perintahnya, Zunisha menenggelamkan armada Jack dengan satu pukulan, mengakhiri ancamannya.

Setelah kepergian tim Luffy dan lainnya, Momonosuke tetap tinggal untuk mempelajari Zou sementara para Mink dibawah pimpinan Nekomamushi berjaga-jaga sambil memikirkan bagaimana cara Jack dapat menemukan Zou.

Referensi

  1. One Piece Manga dan Anime — Vol. 79 Chapter 795 dan Episode 739, Zou terlihat untuk pertama kalinya.
  2. One Piece Manga dan Anime — Vol. 80 Chapter 802 dan Episode 751, Law mengungkapkan bahwa Zou terletak dipunggung gajah raksasa dan berusia lebih dari 1000 tahun.

Navigasi Situs

Also on FANDOM

Random Wiki